Brokoli Sayuran Hijau Penuh Manfaat

Brokoli
Brokoli adalah tanaman sayuran berwana hijau yang masih memiliki hubungan saudara dengan kembang kol "kaya manusia aja saudaraan",
yup brokoli merupakan sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan Brassicaceae, "wah sama suku dayak masih ada hubungan ga ya?, hehehe....". Sebenarnya yang termasuk dalam suku kubis-kubisan masih banyak seperti kubis tunas, kolrabi, dan kailan. Brokoli memang memiliki bentuk yang hampir sama dengan kembang kol, hanya saja brokoli berwarna hijau sedangkan kembang kol berwarna putih.

Brokoli
 Brokoli memiliki nama latin (Brassica oleracea), brokoli sendiri bukan merupakan tanaman asli Indonesia, tanaman ini berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno. Sayuran ini masuk ke Indonesia sekitar 1970-an,"wah berarti sayuran ini udah tua dong".
Jenis sayuran tersebut memang berasal dari moyang setengah liar yang sama yang juga merupakan sayuran pada masyarakat purba yang tinggal di sekitar Laut Tengah. Dan kini brokoli populer dikenal sebagai bahan pangan.
Kembang kol












"Terus kalo mau ketemuan ama sibrokoli dimana dong??"
Habitat brokoli adalah daerah yang dingin, "jadi jangan berharap bisa ketemu ama si brokoli, di gurun sahara :D." Di Indonesia sendiri brokoli biasanya dapat ditanam di daerah yang dingin seperti Bandung. Biasanya diperlukan waktu kurang lebih 4 bulan mulai dari benih hingga panen, Panen dan pasca panen dilakukan bila bunga telah mencapai ukuran maksimal dan terasa padat, berkisar antara 55-100 terhitung sejak pemisahan dari benih (kurang lebih 1 bulan).

"Hmm dari tadi ngomongin tentang brokoli, terus manfaatnya apa?".
Brokoli memang tanaman unik, tapi juga kaya akan berbagai manfaat bagi manusia, (segala sesuatu yang ada dimuka bumi diciptakan memiliki manfaat dan kegunaan bagi manusia), "sok bijak ya :)".
berikut adalah kandungan dan manfaat brokoli bagi kita yang mengkonsumsinya. "mulai serius ni kayaknya"
  1. Vitamin C, adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Vitamin ini juga dikenal dengan nama asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Beberapa karakteristiknya antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam, jeruk merupakan salah satu sumber utama vitamin ini.
  2. serat makanan, sangat bermanfaat dalam proses pencernaan.
  3. Senyawa glukorafanin.
  4. Senyawaan isotiosianat.
2 senyawa terakhir merupakan bentuk alami senyawa antikanker, dengan kata lain senyawa-senyawa tersebut dapat mengurangi risiko terkena kanker.
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat brokli bagi tubuh, salah satunya membantu fungsi kerja dari liver. "biar lebih puas tanya aja ama mbah Google, he....he...".

"Asal usul brokoli udah, tempat hidup sibrokoli juga udah manfaatnya juga udah dikasih tahu, nah sekarang saatnya cara penyajian".
Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, dapat pula dimakan mentah "bah dah kayak buah aja dimakan mentah-mentah", ya brokoli memang dapat dikonsumsi tanpa harus dimasak, "jangan lupa dicuci terlebih dahulu", namun cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit.

Brokoli Goreng Tepung




Brokoli Saus Tiram
Brokoli Saus Keju
"Wahhhhhh..... jadi laper".

Itulah sibrokoli sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat, dan dapat disajikan dalam berbagai bentuk yang menarik, sayuran ini dapat anda dapatkan di pasar-pasar tradisional , "hehehe,,, sekalian promosi facebook page, di like ya. :).

"ngomong-ngomong si brokoli ini punya hubungan apa ama Edi brokoli???".



 

Referensi dan sumber gambar:

http://id.wikipedia.org/wiki/Brokoli
http://shape-indonesia.com/?q=node/168 
http://ulabeiph-forever.blogspot.com/2010/07/brokoli.html
http://www.anneahira.com/budidaya-brokoli.htm
http://ambupiki.multiply.com/recipes/item/1/brokoli_en_cis_ala_ambu_
http://anekaresepmasakan.info/brokoli-goreng-tepung/


1 komentar:

Ini Cerita Si ToekangSayur apa ceritamu.....